Surat Batak


Surat Batak harta karun milik orang Batak yang masih terpendam

Setelah menjelajahi  beberapa web site ternyata banyak ditemukan situs-situs yang membahas tentang aksara Batak. Secara pribadi saya sangat berterimakasih atas karya yang telah dipublikasikan. Sudah lama saya berkeinginan untuk bisa berbuat seperti itu karena bagi saya aksara Batak adalah sebuah harta kekayaan yang terpendam begitu dalam dan tidak tersentuh oleh sebahagian besar orang Batak .

Saya membuat aksara Batak yang bisa saya gunakan di komputer dengan format bit map, namun karena saya bukanlah programer atau tidak memiliki keahlian, saya tidak tahu bagaimana untuk merobahnya ke dalam format ttf. Saya melihat bahwa Fonts di dalam word menggunakan format ttf. Meskipun demikian dengan susah payah penulisan dalam aksara Batak tetap saya lakukan dari cerita dongeng, fabel atau cerita rakyat Batak. Semuanya dapat anda baca di halaman 02. “TORSATORSA” di web site ini, untuk mendapatkan versi surat Bataknya anda harus copy-paste link yang diberikan di search bar anda.

Usaha yang telah saya perbuat untuk melatih diri membaca aksara Batak adalah berusaha menterjemahkan buku laklak yang saya dapatkan di internet seperti foto milik Uli Kozok, serta situs-situs lain yang mempublikasikan tulisan dalam surat Batak. Dengan tidak bermaksud komersial dan juga tidak untuk kepentingan mutlak pribadi saya, foto-foto buku laklak beliau saya mencoba dan berusaha menterjemahkannya ke dalam tulisan menggunakan alphabet, seperti pada halaman 03. “PUSTAHA” si web site ini.

Mempertimbangkan betapa perlunya untuk turut serta menyebarkan harta karun yang terpendam itu, di web site ini saya telah membuat halaman 04. “AKSARA” untuk memperkenalkan harta karun tersebut kepada siapa saja khusunya orang Batak. Di halaman tersebut diperkenalkan aksara surat Batak dan cara-cara pemakaiannya. Saya yakin penjelasan yang ada di halaman tersebut bisa membantu anda menjadi mampu menulis dengan aksara Batak.

Untuk lengkapnya anda harus melihat bagian-bagian dari halaman “AKSARA” mulai dari bagian 01. Di bagian 01 ini terdapat link untuk mengunduh fonts aksara Batak yang akan kita gunakan di komputer. Silahkan unduh dari link yang diberikan dan ikuti petunjuk cara mengcopy-paste ke komputer anda.

Semoga usaha ini bermanfaat bagi kita semua khususnya orang Batak, menambah apa yang sudah ada di dunia maya ini.

Horas

Ultop

2 responses to “Surat Batak

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s